Diposkan pada Serial TV

Fresh Off The Boat : Kisah Gokil Keluarga Imigran Taiwan di Negara Impian

Fresh-Off-the-Boat-Season-one-cover
Source : sdcitytimes

Serial TV Amrik saat ini tidak lagi didominasi wajah-wajah bule semacam Taylor Swift. Aktor/aktris bertampang latin, Afro-Amerika bahkan Asia mulai unjuk gigi di industri pertelevisian Amrik. Jika sebelumnya saya pernah ngebahas serial Jane The Virgin yang tokoh sentralnya cewek keturunan latin, sekarang muncul serial Fresh Off The Boat yang tokoh utamanya adalah keluarga imigran Taiwan.

Kebayang nggak sih? Nonton serial tv Amrik tapi aktor-aktris yang seliweran berwajah Asia. Berasa nonton Meteor Garden yang udah di-dubbing ke bahasa Inggris gitu!

Engg,,nggak juga sih! Secara ceritanya juga beda *Yahh…,ketauan banget anak jadul referensinya aja Meteor Garden *

Serial Fresh Off The Boat  diangkat dari buku berjudul Fresh Off The Boat: A Memoir, karangan Eddie Huang. Serial ini menceritakan tentang kehidupan keluarga keturunan Taiwan bermarga Huang yang bermukim di Amerika Serikat. Keluarga Huang yang terdiri dari pasangan suami istri, Louis (Randall Park) dan Jessica (Constance Wu) serta ketiga anak lelaki mereka yaitu Eddie (Hudson Yang), Emery (Forrest Wheeler) dan Evan (Ian Chen), serta nggak ketinggalan Nenek Huang (Lucille Soong).

Mereka pindah dari pecinan di Washington D.C ke Orlando Florida karena Louis berhasil mewujudkan cita-citanya memiliki usaha sendiri yaitu restoran steak yang diberi nama Cattleman’s Ranch Steakhouse. Dengan latar tahun 1995-an, serial ini berpusat pada kehidupan masa remaja Eddie yang sedang mencari jati diri dan penuh dengan pemberontakan. Eddie (hampir) selalu nggak pernah akur sama emaknya karena sikap pemberontaknya itu. Jessica tipe emak yang mendidik anaknya-anaknya dengan disiplin, tegas dan sangat mendewakan prestasi akademik. Bukan berarti Eddie nggak pinter, tapi dia aja yang terlampau males untuk menonjolkan diri.  Dia selalu punya cara untuk bikin emaknya kesel.

Saya sih curiganya Eddie ini anak pungut *segitunyaa..*, karena jauh berbeda dari kedua adiknya yang penurut dan penggila sains. Disaat anak-anak keturunan Asia-Amerika dituntut orangtuanya untuk terampil bermain alat musik dan menyukai musik klasik, Eddie malah tergila-gila dengan musik hip hop dan mengidolakan para rapper serta pebasket Shaquille O’Neal. Eddie seakan-akan merasa dirinya adalah orang negro yang terjebak di tubuh bocah asia. Jiwanya hip hop banget, cuy!

Menonton serial ini membuat saya bernostalgia sama lagu-lagu yang memang hits di tahun 90-an. Kita diajak mengenang kembali kejayaan lagu-lagu galau andalan Boyz II Men maupun musik R&B dan hip hop dari penyanyi Janet Jackson bahkan Shaggy Boombastic. Ya ampun, nggak nyangka deh di tahun 2016 masih ngedengerin lagu mister bombastik romantik pantastik.

Walaupun unsur komedi sangat kental dalam serial ini, ternyata banyak pesan moral yang ‘ngena banget dan bisa diambil hikmahnya *ini serial komedi apa sinetron religi, ya?*. Untuk saya pribadi, seenggaknya ada lima adegan di serial Fresh Off The Boat yang bikin saya merenung atau malah pengen mewek.

1. Segalak-galaknya Jessica, dia sosok mama yang hebat. Walaupun sering berselisih paham, Jessica sangat adil dan tulus menyayangi Eddie dengan caranya sendiri. Saat Eddie melakukan kesalahan, udah pasti abis diomelin sang emak. Tapi ketika Eddie bertindak benar, Jessica tanpa ragu memuji anak sulungnya ini.

Eddie   : You were supposed to go to the concert with me!

Phillip  : Yeah, I didn’t want to do that.

Jessica : You just left him?Phillip, you should be ashamed of yourself. Eddie gave up going to his concert to look for you, and you broke your promise to him! You are very selfish. You are not a good Chinese boy. Eddie is.

2. Orangtua dituntut menjadi teladan bagi anak-anaknya. Terkadang orangtua juga merasa khawatir jika tidak bisa menjadi contoh dan panutan yang baik. Namun yang terpenting adalah terus berusaha, jangan mudah menyerah dan lakukan yang terbaik dalam segala hal.

 Louis : Why do you always have to be the best?

Jessica : Because I tell the boys, they always have to be the best.

Louis   :  So your answer is to just quit?

Jessica : I’m not used to this!

Louis   : A lot of things in life are new for you. All that matters is you do your best.

3. Sekalipun berdomisili di tempat yang jauh dari daerah asal, jangan pernah melupakan adat istiadat maupun kebudayaan yang telah diwariskan para leluhur. Mampu lah beradaptasi di tempat yang baru tanpa harus melupakan bahkan menghilangkan ciri khas daerah yang menjadi bagian dari identitas bangsa *Merdekaaaaa!!  *

Jessica : Are we Chinese enough? Marvin says sometimes he forgets we’re Chinese. Maybe he’s forgetting because we’re forgetting.

(…………………..)

Eddie : My mom had nothing to worry about, because no matter what, we were never

gonna leave our heritage behind.

 4. Saya seneng ngeliat relasi yang terjalin antara Louis dan Jessica dengan anak-anaknya. Mereka mampu menempatkan diri bukan sebagai orangtua namun juga sahabat bagi anak-anaknya. Komunikasi antara orangtua dan anak dapat berjalan dengan baik, bahkan bisa curhat-curhatan. Saat Eddie patah hati karena cewek gebetannya dekat dengan cowok lain, Jessica memberikan nasihat untuk mengatasi sakit hati Eddie *sebenarnya nasihat ini nggak cuma berlaku buat yang lagi patah hati sih!*

Jessica : Life is a lot like chess. You can’t win every game. But you also can’t give up when you lose.

5. Eddie mengurungkan niatnya untuk ikutan pesta dansa di sekolah, padahal sebelumnya Ia sudah janji sama ayahnya untuk datang ke pesta dansa tersebut. Bapake’ yang heboh nyemangatin Eddie supaya ikutan pesta dansa merasa kecewa karena beliau terobsesi sama adegan pesta dansa di film John Hughes, Pretty in Pink. Tapi bapake’ nggak marah dan menghargai keputusan Eddie.

          Louis : Well, if you don’t want to go to the dance, you don’t have to. I’m just happy

                        you have a choice.

Eddie : What do you mean?

Louis : I never got to go to a dance. Never had the opportunity. All I had was a movie.

 

   Di tahun 2016, Fresh Off The Boat sudah memasuki musim tayang ke-2 dan akan berlanjut ke season 3. Kekonyolan keluarga Huang ini cocok banget ditonton kalau pengen ketawa ngakak dan menghilangkan stress. Banyak dialog dan becandaan yang absurd namun banyak juga yang bisa direnungkan dan dipelajari dari kehidupan keluarga Huang. Yang penasaran sama serial ini, silahkan ditonton ya. Dijamin nyesel!*karena jadi pengen nonton terus, hihiiiii*

Iklan

Penulis:

Easy like 1.. 2.. 3..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s